محمد اندرا أندارون

Your description goes here

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Hello world!
Righteous Kill
Quisque sed felis

About Me

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Ciri-ciri Orang Yang Memiliki Sifat Tauhid

Makalah ini berisikan tentang informasi Pengertian Ciri-ciri Orang Yang Memiliki Sifat Tauhid .Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua.
Kami menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan Makalah ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Cirebon 24 September 2012



Penyusun 




























                Tauhid memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. ia sebagai pengendali amal dan perbuatan kita sehari-hari. Akan berbeda seseorang yang memiliki tauhid dan yang tidak memilikinya.
                Seorang muslim meyakini bahwa tauhid adalah dasar Islam yang paling agung dan hakikat Islam yang paling besar, dan merupakan salah satu syarat merupakan syarat diterimanya amal perbuatan disamping harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah.
                Seabagai dasar aqidah, seorang mukminharus meyakini bahwa Allah yang menciptakan dan menghendaki semua yang terjadi di alam semesta ini. Sebagaimana dalam QS. Al-Baqarah: 255.
               

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi  Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”. (QS. Al-Baqarah: 255).
                Tauhid sebagai dasar syari’at, maksudnya bahwa setiap muslim dalam menjalankan syari’at Allah harus dengan ikhlas., tidak riya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Ma’un: 1-7.

Artinya:
1). Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
2). Itulah orang yang menghardik anak yatim
3). Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin
4). Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat
5). (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya
6). rang-orang yang berbuat riya
7). Dan enggan (menolong dengan) barang berguna  .
                Tauhid merupakan dasar dalam akhlaq, maksudnya adalah setiap muslim dalam berakhlaq hendaknya mengharap ridho Allah SWTsemata, sebagaimana firman-Nya dalam QS.Al-Luqman: 13-14.

وا ذ قا ل لقمن لا بنه و هويعظه يبنى لا تشرك با للله0ان السر ك لظلم عظيم(13)

و و صينا ا لا نسن بو لد يه حملته ا مه0و هنا على و هن وفصله0فى عام ين ان ا سكر لى ولوا لد ىك الىى ا لمصير(14)

artinya :”dan ingatlah ketika lukman berkata kepada anaknya ketika dia member pelajaran kepadanya”wahai anaku janganlah engkau mempersekutukan Allah sesungguhnya mempersekutukan Allah itu adalah kelaliman yang besar . dan kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik )kepada kedua orang tuanya ,ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam usia dua tahun, bersyukurlah kepada ku  dan kepad kedua orang tuamu ,hanya kepada ku lah kembalimu” .  (QS.Al-Luqman: 13-14 ).

Dari berbagai pemahaman diatas tersebut , maka kita dapat menggambarkan cirri-ciri orang yang memiliki tauhid, sebagaimana berikut.
1.       Tidak menyekutukan Allah SWT, dalam bentuk apapun, sebagaimana QS. An-Nisa: 47-48.




swer.bmpawer.bmp


“Hai orang-orang yang telah diberi Al Kitab, berimanlah kamu kepada apa yang telah Kami turunkan (Al Qur’an) yang membenarkan Kitab yang ada pada kamu sebelum Kami merobah muka (mu), lalu Kami putarkan ke belakang atau Kami kutuk mereka sebagaimana Kami telah mengutuk orang-orang (yang berbuat ma’siat) pada hari Sabtu. Dan ketetapan Allah pasti berlaku. Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah dengan sembahan yang lain), dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar”. (QS, An-Nisa: 47-48.)

2.       Hanya menyembah Allah sebagai satu-satunya dzat yang wajib disembah, sebagaimana QS. Adz-Dzariyat: 56.

(56)وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (QS. Adz-Dzariyat: 56.)

3.       Senantiasa bertaqwa pada Allah SWT, sebagaimana QS. An-Nahl ayat 36.
ۚ الضَّلَالَةُ عَلَيْهِ حَقَّتْ مَنْ وَمِنْهُمْ اللَّهُ هَدَى مَنْ فَمِنْهُمْ  ۖ   الطَّاغُوتَ وَاجْتَنِبُوا اللَّهَ اعْبُدُوا وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ  فِي فَسِيرُوا
“Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul). “
4.       Senantiasa meyakini bahwa Allah SWT adalah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, dan tempat untuk memohon perlindungan serta pertolongan-Nya, sebagaimana dalam QS. An-Nisa’ ayat 59.
asde.bmp
Nama-nama Anggota Kelompok:
1.     Azimatus Salam
2.     Indra
3.     Ma’ruf
4.     Nurjannah Rizkiyah
5.     Nurhidayatun Nisa
6.     Ogy Nur Amin